Rabu, 08 Juli 2009

Lombok Barat

BANGKO-BANGKO : Berlokasi di ujung barat daya pulau Lombok. Bangko-Bangko meruoakan tuan rumah dari hutan alami yang mempesona dan merupakan rumah bagi sebagian besar flora dan fauna Lombok dan di tepian hutan terhampar pantai dengan pasir putih dan termasyur di tingkat Internasional sebagai lokasi selancar yang bagus.

BANGSAL : Bangsal adalah dermaga umum yang menghubungkan pulau Lombok dab Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan dan merupakan tempat snorkeling dan menyelam yang berada di Barat-Laut pesisir Lombok.

BATU LAYAR, MONTONG, MENINTING, SESELA DAN GUNUNG SARI : Tempat-tempat ini banyak menyuguhkan kios – kios seni dan toko – toko kerajinan. Dengan berbagai macam pilihan serta harga yang bagus. Berlokasi di sepanjang jalan dari Senggigi ke Mataram

BATU BOLONG : Batu Bolong (yang secara bahasa di artikan batu yang berlubang) adalah salah satu tempat ideal untuk menyaksikan sunsetyang megah di atas selat Lombok.

Ditempat ini juga terdapat pura Hindu yang di bangun di atas Batu Karang hitan dengan konstruksi sedemikian rupa sehingga arahnya tepat menghadap Gunung Agung di Bali yang dapat dilihat dengan mudah di sebreang selat Lombok, warna dan musik keagamaan hampir selalu terlihat di sini.

GILI AIR, MENO DAN TRAWANGAN : Gili-gili ini
merupakan wilayah-wilayah pulau yang berdekatan satu sama lainnya. Berjarak + 20 Km kea rah utara senggigi. Dengan beberapa pulau memiliki pantai – pantai yang menawan dan para penyelam harus berterimakasih untuk terumbu karang yang luas yang mengelilingi pulau dan di daerah ini merupakan rumah bagi koral Biru, Koral ini hanya tumbuh di 2 tempat di dunia yaitu di Laut karibia dan di sini di dalm laut, tepatnya di timur Gili Meno.

Dengan perahu tradisional yang di berangkatkan dari Bangsal atau ferry khusus dari senggigi kita dapat sampai di pilau-pulau ini (+ 15-30 dari Bangsal/1 jam dari senggigi) Gili Trawangan adalah tempat yang paling mewah dan memiliki akomodasi yang relatife murah serta memiliki banyak pilihan aktifitas bagi anak – anak muda, dibandingkan Gili air dengan tingkat harga akomodasi yang lebih tinggi.

Gili Meno memiliki taman burung merupakan daerah yang paling akhir di kembangkan dan masih belum teratur akan tetapi merupakan tempat yang paling tepat untuk bersantai. Perama travel menyediakan travel langsung dari padang bai di Bali ke senggigi dan gili trawangan.

GILI NANGGU, GENTING, GEDE, POH, dll : Tempat – tempat ini merupakan sekumpulan pulau – pulau kecil yang berada di Barat Daya pulau sekotong. Beberapa pulau bahkan tidak berpenghuni dan seluruhnya adalah pantai pasir putih dilengkapi dengan pohon kelapa dan pohon bakau.

Kedua Gili, Gili Gede dan Gili Nanggu memiliki Bungalow – Bungalow yang dapat di tinggali. Tempat – tempat ini sangat bagus untuk berenang, snorkeling dan bersantai.

Anda bias mengunjungi pulau pulau ini dengan Boat dari Lembar atau dari dekat Mawun ke Gili Nanggu dari Pelangan ke Gili Gede. Daerah ini merupakan rute pesisir yang sangat indah dengan beberapa resort pantai seperti bola – bola paradise, Hotel dan Villa terkepung, Sundancer konplek bintang 5 juga telah dikembangkan di sini.

LEMBAR : Merupakan pelabuhan utama di NTB diperuntukkan bagi perhubungan ferry-ferry Lombok dan Padang Bai dan juga kapal-kapal PELNI.

Ferry-ferry berlayar setiap jamnya dn perjalanan penyebrangan ini kira-kira membutuhkan waktu 6 jam.Gerung daerah yang berada didekatnya merupakan pusat pembuatan wayang tradisional di Lombok dan juga merupakan ibu kota kabupaten Lombok Barat.

LINGSAR : Lingsar berada di utara Narmada dan memiliki pura Hindu yang di kenal oleh masyarakat luas sebagai pura Hindu yang paling keramat. Pura ini di bangun tahun 1714 yang pada situasi lebih lanjut juga menjadi tempat pemujaan bagi pribumi yang menganut anemisme, Wetu Telu. Kedua kepercayaan berbeda ini mengkombinasikan ajaran Anemismenya.

Sekali dalam setahun mereka berkumpul bersama untuk melakukan upacara bersamauntuk menyambut datangnya musim penghujan. Upacara “Perang Topat” dimulai dengan terlebih dahulu melakukun pemujaan di masing-masing pura mereka, kemudian mereka berkumpul di luar pura dan satu sama lain mulai saling melempar dengan beras yang sudah di masak dan di bungkus dalam daun kelapa (janur) yang di sebut dengan ketupat/topat.

PANTAI KERANDANGAN, MANGSIT DAN MALIMBU : Pantai Kerandangan dan Mangsit berlokasi di sebelah utara tidak jauh dari Senggigi dengan di dukung oleh hotel-hotel berkelas, pantai yang bersih sangat memungkinkan tempat ini untuk berenang,berlayar ataupun untuk bersantai. Lebih ke utara di sepanjang panorama jalan adalah pantai Malimbu tempat ini juga sangat ideal untuk melakukan kegiatan yang sama.

SENARU : Pemberangkatan pendakian ke gunung Rinjani bisa dimulai di bagian utara senaru dengan 2 atau 3 hari pendakian kearah barat dengan sedikit turunan untuk menuju kesebuah danau yang mengagumkan sebelum melanjutkan kembali pendakian sampai ke puncak.

(alternative lain untuk rute lain yang langsung menuju ke puncak bias dari sembalun) pusat informasi pendakian berlokasi di sini dimana kita juga bias menyewa poter da perlengkapan yang selalu tersedia.

DANAU SEGARA ANAK : Sebuah danau besar Segara Anak, berlokasi di ketinggian + 2000 m dari atas permukaa laut di dalam Gunung Rinjani banyak di kunjungi oleh peziarah/pendaki yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah di samping danau untuk memberikan sesajen pada dewa di dasar danau.

Didalam danau yang mempesona ini terlihat sebuah gunung volcano aktif baru Gunung Barujari didekatnya terdapat sumber air panas yang di percaya mampu mengobati penyakit.

GUNUNG RINJANI : Berdiri dengan megah dengan ketinggian + 3726 m gunung ini merupakan puncak tertinggi ke-2 di Indonesia. Untuk masyarakat Lombok khususnya suku Sasak dan Bali menganggap gunung ini merupakan tempat mistik yang puncaknya di diami roh – roh keramat.

Untuk mendakinya walaupun masih tergolong aktif merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Para pendaki lebih banyak memilih memulai pendakian di Senaru dan turun di Sembalun atau putar balik yang juga merupakan rute turun dengan panorama yang indah permai sampai akhir perjalanan .

GUNUNG PENGSONG : Walaupun dinamakan Gunung Pengsong akan tetepi sebenarnya merupakan sebuah bukit yang dari sudut 360o akan menawarkan panorama yang spektakuler. Ditempat ini juga merupakan tempat/habitat kera. Dengan segala cerita latar belakang sejarah dan keberadaan puranya gunung pengsong berlokasi 9 Km ke arah selatan Mataram.

TAMAN NARMADA : Taman yang sangat mengagumkan ini berada 10 Km di Timur Cakranegara terbentang dari Timur ke Barat di daerah dataran tinggi Lombok Barat. Bukit kecil dan danau yang ada di taman ini merupakan replica dari dataran dan danau yang ada di gunung

Rinjani (gunung tertinggi dan paling keramat di Lombok) taman ini di buat oleh Raja Anak Agung Gede Karang Asem saat memerintah Mataram. Menyadari bahwa akan semakin sukar untuk melakukan ziarah tiap tahunnya ke gunung Rinjani karena usianya yang semakin tua maka untuk mempersenbahkan sesajen ke Segara Anak yang di keramati dibuatlah replika di tempat yang lebih rendah.

PUSUK : Berlokasi dibukit sebelah Timur Malimbu dan merupakan jalan alternative mebuju ke Bangsal, pusuk memiliki pemandangan alam yang fantastis, terdapat beberapa hotel kecil dan restaurant yang bagus yang juga tidak kalah bagusnya dengan pemandangan liarnya.

Lautan di sini merupakn rumah bagi 2 spesies kera dan sebagian besar mereka tidak tekut untuk berinteraksi langsung dengan pengunjung. Tempat ini juga ideal untuk traking di bukit-bukit dan di lembah-lembah dengan airnya yang jernih.

SEKOTONG : Berlokasi kira-kira 45 Km di arah selatan dari Mataram merupakan daerah dengan pantai pasir putihnya yang asli. Sangat ideal untuk bersantai. Di laut sekeklilingnya penuh dengan kehidupan laut yang berwarana-warni.

Dengan hanya sedikit menyebrang dari tepi pantainya yang indah kita dapat mengunjungi pulau Gili Nanggu dan Gili Tangkong

SESAOT : Di bagian Utara Suranadi, Sesaot merupakan hutan lindung yang menawan dan terdapat area untuk pejalan kaki. Tempat ini juga popular sebagai tempat rapat/pertemuan dan juga tempat bersantai dengan kolam berair jernih dan sejuk. Dari tempat ini juga kita dapat mengunjungi desa-desa terdekat dan perkebunan kopi lokalnya.

PANTAI SIRE : Sire adalah sebuah pantai yang memikat dengan lembah yang menawan, air yang jernih dan hamparan pasir yang luas. Tidak di raguklan lagi memberikan kondisi yang sempurna untuk olahraga air.

Lombok Golf Kosaido Country Club Golf Course berlokasi di tempat ini, dengan pemandangan gunung rinjani di sebelah timurnya dan gili-gili di seberang barat teluknya dan 18-hole untuk kelas pertandingan berkelas dunia cukup manantang pegolf semua level.18-hole Golf Course lainnya juga terdapat di Golong, Suranadi dan juga terdapat di pinggir jalan raya di wilayah Ampenan menuju ke Bandara.

SURANADI : Berlokasi di Timur Laut Narmada, Suranadi memiliki salah satu pura suci bagi umat Hindu di Lombok.

Pura tersebut terletak di daerah yang cocok untuk bersantai di tambah dengan sumber mata air dan disekitarnya banyak terdapat pondok-pondok penjual ikan segar. Suranadi sendiri sangat membanggakan sreal hutan alamnya yang merupakan habitat bagi kera dan berbagai jenis burung.

SENGGIGI : Berlokasi di sebelah Utara Mataram, Senggigi merupakan area resort tertua dan oaling terkenal di Lombok. Tempat senpuran untuk bersantai, Senggigi membanggakan pantai-pantai berpasir putihnya yang aman untuk berenang.

Di pusat pantai senggigi memiliki ombak yang sangat bagus untuk berselancar. Tempat ini juga memiliki terumbu karang yang berwarna-warni yang menyediakan perlindungan bagi biota laut da bentuk terumbu karangnya yang sangat indah sehingga merupakan tempat yang sangat ideal untuk snorkeling.

Senggigi terjangkau untuk semua, mulai dari restaurant esklusif sampai dengan café-café kecil berjejer di pinggir jalan. Ada banyak Club, Bar dan Café yang akan melayani wisatawan yang tinggal di sini. Penginapan juga tersedia dengan Range dari hotel mewah sampai hotel-hotel kecil dan bungalow-bungalow.

TIU PUPUS : berlokasi di Barat Laut Lombok, air terjun Tiu Pupus dan Tiu Teja dapat dikunjungi dengan sekali perjalanan ke Timur. Keduanya menawarkan panorama alami yang indah dan air yang sejuk untuk berenang.

SINDANG GILA dan AIR TERJUN TIU KELEP : Air tejun Sindang Gila telah terkenal sejak kita mengunjungi Senaru dan berada di bagian Utara dari lokasi pemberangkatan tracking ke gunung Rinjani. Jalan-jalan kecil untuk turun ke air Tejun Sindang Gila menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Tidak jauh dari sana terdapat juga air terjun Tiu Kelep yang memberikan penawaran yang sama dengan air tejun Sindang Gila, dengan airnya yang sejuk menyegarkan untuk berenang. Pemandu lokal selalu tersedia di sini untuk memandu kita ke tempat ini. Penginapan dan restoran berlokasi dekatn areal masuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar